Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 18 Silaing Bawah Padang Panjang

Harahap, Hadrina Pratiwi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 18 Silaing Bawah Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HADRINA_PRATIWI_HARAHAP_1204950_898_2017.pdf] Text
final_B1_06_HADRINA_PRATIWI_HARAHAP_1204950_898_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan guru belum maksimal
memanfaatkan KIT IPA untuk melakukan percobaan dan belum memberikan
kesempatan siswa untuk berinteraksi. Sehingga kurang aktif dalam pembelajaran dan
belum mendapat pengalaman menggunakan alat percobaan. Untuk mengatasinya
dilakukan tindakan menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan
metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 18 Silaing Bawah Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian
ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 18 Silaing Bawah Padang Panjang dengan
jumlah siswa 27 orang, terdiri dari 7 orang laki-laki dan 20 orang perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi,
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian dapat dilihat dari rata-rata : Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan pada: (1) perencanaan siklus I pertemuan I dengan persentase 85,7% dan
pertemuan II 89,3%, siklus II pertemuan I 92,8% b) pelaksanaan siklus I aspek guru
pertemuan I 80%, pertemuan II 89,5%, siklus II pertemuan I 95% dan aspek siswa
siklus I pertemuan I 75%, pertemuan II 89,5%, siklus II pertemuan I 90% c) hasil
belajar siswa siklus I pertemuan I dengan rata-rata 69,3, pertemuan II 78,2 dan siklus
II pertemuan I meningkat menjadi 87,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN
18 Silaing Bawah Padang panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:56
Last Modified: 29 Jul 2025 00:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item
View Item