Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Kelas V SDN Gugus I Koto Baru Dharmasraya.

Alfiansyah, Hadif (2023) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Kelas V SDN Gugus I Koto Baru Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Hadif_Alfiansyah_18129114_3389_2023.pdf] Text
final_B1_06_Hadif_Alfiansyah_18129114_3389_2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan
model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam
pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realisitk Indonesia
(PMRI) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi penajian data di kelas V
Gugus I Kecamatan Koto Baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi ekperimental
design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan Koto Baru. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan kelas V
A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posstest di kelas
eksperiment lebih tinggi yaitu sebesar 86 dibandingkan kelas kontrol sebesar 63,3.
Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,202 sedangkan ttabel pada
taraf signifikan 0,05 adalah 2,014. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima,
karena thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realisitk
Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar penyajian data di kelas V Gugus I
Kecamatan Koto Baru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Matematika, Penyajian Data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:56
Last Modified: 29 Jul 2025 00:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17961

Actions (login required)

View Item
View Item