Hariani, Rika (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekata Konstruktivisme di Kelas V SD Negeri 11 Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIKA_HARIANI_07434_3492_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIKA_HARIANI_07434_3492_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIKA_HARIANI_07434_3492_2016.pdf
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD Negeri 11 Sintuk Toboh Gadang bahwa perlu adanya pengarahan guru bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPS dibandingkan siswa sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dan menganalisa masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan pendekatan Konstrutivisme di kelas V SD Negeri 11 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 11 Sintuk Toboh Gadang dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus satu terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat langkah PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I penilaian terhadap RPP mendapat persentase nilai 57% (cukup), pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 82% ( Baik ), dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 96% ( Sangat baik). Penilaian aspek guru pada siklus I memperoleh persentase 63% (cukup), pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 79% (baik) dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 93% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemua I mendapat persentase 55% (cukup), pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 77% (baik), dan siklus II pertemuan I meningkat lagi menjadai 98% (sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I memperoleh nilai 69.60%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 81.61% dan pada siklus II pertemuan I lebih meningkat menjadi 86.60%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPS,Pendekata Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 00:56 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 00:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17960 |