Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Hidrolisis Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang

Novita, Ayuna (2016) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Hidrolisis Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_AYUNA_1206693_6279_2016.pdf] Text
final_B1_07_AYUNA_1206693_6279_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia SMA yang membutuhkan kegiatan eksperimen di laboratorium. Dalam melakukan kegiatan eksperimen dibutuhkan LKS yang dapat memandu siswa untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS eksperimen hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 12 Padang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Data penelitian ini merupakan hasil tes akhir belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi ( 85,125 ) dibandingkan kelas kontrol ( 80,129 ). Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh bahwa harga t hitung = lebih besar dari t tabel (t ). Hal ini berarti H 1 hitung diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS) hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan lembar kerja siswa hidrolisis garam tanpa berbasis inkuiri terbimbing SMA Negeri 12 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:55
Last Modified: 29 Jul 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item
View Item