Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas III SDN 18 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Gusfayati, Rika (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas III SDN 18 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIKA_GUSFAYATI_56777_796_2016.pdf] Text
final_B1_6_RIKA_GUSFAYATI_56777_796_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivis belum pernah dilaksanakan, pembelajaran yang diberikan kurang bermakna bagi siswa karena pengetahuan tidak dibangun sendiri oleh siswa.Permasalahan tersebut berdampak pada siswa yaitu : siswa kurang aktif dalam belajar sehingga berdampak pada nilai siswa.Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan konstruktivis di kelas III SDN 18 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 18 Koto Tangah dengan jumlah siswa 23 orang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Langkah – langkah pembelajaran dengan menggunkan pendekatan konstruktivis adalah : 1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada 2) pemerolehan pengetahuan baru 3) pemahaman pengetahuan 4) menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh 5) melakukan refleksi Hasil analisis terhadap RPP siklus I 81.5 % meningkat pada siklus II menjadi 96% . Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I diperoleh 82.5 %, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97%. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa siklus I 84% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93 %. Hasil penilaian terhadap hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 75.32. Pada siklus II meningkat menjadi 86.75. Dengan demikian dapat disimpulkan pada Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Pendekatan Konstruktivi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:55
Last Modified: 29 Jul 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item
View Item