Wanda, Ceria (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pembelajaran IPS Dengan Model Coperative learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 23 Marapalam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_CERIA_WANDA_1200614_5592_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_CERIA_WANDA_1200614_5592_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_CERIA_WANDA_1200614_5592_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS yang dibuat dan dilakukan guru dengan yang diharapkan yaitu guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Coperative learning Tipe Jigsaw di kelas IV SD Negeri 23 Marapam.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDNegeriyang berjumlah 32 orang. Prosedur penelitian ini terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a ) perencanaan pada siklus I memperoleh nilai 78,57% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,43% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru mempeoleh nilai 78,57% dengan kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 96,43% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata dengan nilai persentase 78,57% dengan kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 96,43% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. c) hasil belajar siswa pada pada siklus I memperoleh rata-rata dengan nilai 77,78 dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 86,98 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Coperative learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDNegeri 23 Marapalam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Coperative Learning, Jigsaw, IPS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 00:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17954 |