Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 28 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung

Darwin, Afria (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 28 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AFRIA_DARWIN_52443_332_2013.pdf] Text
final_B1_6_AFRIA_DARWIN_52443_332_2013.pdf

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sehingga siswa tidak aktif dalam menemukan materi pembelajaran, akibat hasil belajar IPA belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Pendekatan inkuiri merupakan suatu proses pembelajaran yang melibatkan kemampuan siswa dalam bekerja terutama dalam memperoleh pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 28 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara guru dan siswa kelas V SDN 28 Parit Panjang kecamatan Lubuk Basung kabupaten Agam yang berjumlah 30 orang. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan dan hasil menggunakan langkah-langkah pendekatan inkuiri.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I adalah 84% meningkat pada siklus II menjadi 94%, b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I adalah 82,8% meningkat pada siklus II menjadi 95,3% dan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I adalah 76,6% meningkat pada siklus II menjadi 95% dan c) hasil belajar siswa siklus I pada aspek kognitif adalah 72,5 meningkat pada siklus II menjadi 83, afektif 72,5 meningkat menjadi 84,4, psikomotor 73 meningkat menjadi 82. Dengan demikian, pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 28 Parit Panjang kecamatan Lubuk Basung kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:54
Last Modified: 29 Jul 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17948

Actions (login required)

View Item
View Item