Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama Menggunakan Metode Inkuiri SD Negeri 44 Kototuo Kabupaten Tanah Datar

Destati, Rika (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama Menggunakan Metode Inkuiri SD Negeri 44 Kototuo Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIKA_DESTATI_52711_2536_2012.pdf] Text
final_B1_6_RIKA_DESTATI_52711_2536_2012.pdf

Download (495kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 44 Koto Tuo Salimpaung Kabupaten tanah Datar pada saat ini menunjukkan pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut sama masih dilaksanakan secara konvensional. Untuk itu diadakan penelitian tindakan kelas bagaimana peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut sama menggunakan metode inkuiri di SD Negeri 44 Koto Tuo Salimpaung Kabupaten tanah Datar hal tersebut bertujuan agar siswa mampu menemukan sendiri hal-hal baru serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari Pendekatan yng dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif, yang menjadi subjeknya siswa kelas IV SD Negeri 44 Koto Tuo Salimpaung Kabupaten tanah Datar. Dari hasil penelitan terlihat menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahn pecahan berpenyebut sama di kelas IV SD Negeri 44 Koto Tuo Salimpaung Kabupaten tanah Datar. Hasil pembelajaran siklus 1 Pertemuan 1 dengan nilai rata-rata siswa adalah 6,7 dan secara kalsikal siswa mencapai tingkat ketuntasan 67 % meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 7,1 dan secara klasikal siswa telah mencapai tingkat ketuntasan 71%. Penigkatan hasil belajar penjumlahn pecahan berpenyebut sama menggunkan metode inkuiri untuk mencapai suatu hasil dan pembelajaran semakin bermutunya kemampuan afektif dan psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Metode Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:54
Last Modified: 29 Jul 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17947

Actions (login required)

View Item
View Item