Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang

Kurniawan, Haby (2021) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HABY KURNIAWAN_17129213_2846_2021.pdf] Text
final_B1_06_HABY KURNIAWAN_17129213_2846_2021.pdf

Download (767kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang
menunjukkan kurangnya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menemukan sendiri penyelesaian masalah pada materi pelajaran
sehingga siswa menjadi tidak aktif, kurang semangat dalam mengikuti
pembelajaran, dan hasil belajar siswa tidak meningkat bahkan bisa menurun.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil
pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery
Learning pada tema 8 di kelas IV SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai
praktisi, dan siswa kelas IVB SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang dengan
jumlah siswa 27 orang yaitu 10 orang laki-laki dan 17 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Rata-rata persentase pengamatan RPP pada siklus I 80,6% dengan
kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% pada siklus II dengan kualifikasi
sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, rata-rata
persentase untuk aspek guru dan aspek siswa pada siklus I yaitu 79,7%
dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan
kualifikasi sangat baik. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I
memperoleh rata-rata 71,7 (persentase ketuntasan 25,9% dengan kualifikasi
baik) meningkat menjadi 86,5 (persentase ketuntasan 59,3% dengan
kualifikasi sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IVB SD Negeri 12 Pisang
Kecamatan Pauh Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:53
Last Modified: 29 Jul 2025 00:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item
View Item