Efektivitas Penggunakan CBI (Computer Based Instruction) Model Tutorial Pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VIII SMP N 18 Padang

Andriani, Rika (2012) Efektivitas Penggunakan CBI (Computer Based Instruction) Model Tutorial Pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VIII SMP N 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIKA ANDRIANI_93888_6736_2012.pdf] Text
final_B1_6_RIKA ANDRIANI_93888_6736_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan metode ceramah, kemudian siswa terpaku atas penjelasan yang diberikanoleh guru. Dan pada pelajaran praktek guru hanya mendemonstrasikan pelajaran tanpa member kesempatan pada siswa untuk ikut terlibat dalam pelajaran sehingga siswa masih sulit memahami materi pelajaran dan kurang termotivasi. Maka dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan program pembelajarn yang berbasis komputer/Computer Based Instruction (CBI) dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa pembelajaran konvensional Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah penggunaan program pemebelajaran yang berbasis komputer/Computer Based Instruction (CBI) efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi pada kelas VIII SMP N 18 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 18 Padang, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 3 SMP N 18 Padang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII SMP N 18 Padang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dalam pelajaran praktek dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-Tes. Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan program CBI model Tutorial lebih tinggi dari pembelajaran Konvensional. Hasil uji t hitung >t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran TIK dengan menggunakan program CBI model Tutorial dengan materi Membuat Dokumen Pengolah Angka Sederhana penggunaan perangkat TIK lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pembelajaran Konvensional di SMP N 18 Padang pada taraf kepercayaan α 0,05. tabel, 1

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,CBI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:53
Last Modified: 29 Jul 2025 00:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item
View Item