Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 22 Magek Kamang Magek Kabupaten Agam

Anggela, Rifrisa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 22 Magek Kamang Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIFRISA_ANGGELA_17129173_2805_2021.pdf] Text
final_B1_6_RIFRISA_ANGGELA_17129173_2805_2021.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa kurang berani menyampaikan pendapat dan guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswakelas IV SDN 22 Magek yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Hasil penelitian : 1) Perencanaan pembelajaran, yaitu siklus 1 dengan ratarata 81,94 % baik (B) dan siklus II dengan hasil 91,67% amat baik (A). 2)Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 80,55% baik (B) dan siklus II dengan hasil 91,67% amat baik (A) serta aktivitas siswa dimana siklus I dengan rata-rata 80,55% baik (B) dan siklus II dengan hasil 91,67% amat baik (A). 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77,22% baik (B+) dan siklus II dengan hasil 83,20% amat baik (A-). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperative Script, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:47
Last Modified: 28 Jul 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17916

Actions (login required)

View Item
View Item