Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas II SD N 02 Tanjuang Balik Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota

Elfira, Moli (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas II SD N 02 Tanjuang Balik Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MOLI_ELFIRA_58279_37_2014.pdf] Text
final_B1_6_MOLI_ELFIRA_58279_37_2014.pdf

Download (276kB)

Abstract

Pembalajaran menulis permulaan bagi siswa kelas II SD N 02 Tanjung Balik yang dilaksanakan masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis dilatar belakangi dengan guru belum menggunakan media, tidak sepenuhnya memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa. Untuk itu peneliti tertarik memperbaiki proses pembelajaran menulis Permulaan dengan menggunakan Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pasca penulisan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan dengan Media Gambar. Subjek penelitian peneliti sebagai guru dan siswa kelas II SD N 02 Tanjung Balik. Proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada tahap prapenulisan nilai rata-rata 68 kualifikasi cukup, tahap penulisan nilai rata-rata 70 kualifikasi cukup, dan tahap pasca penulisan nilai ratarata 71 kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan yaitu pada tahap prapenulisan nilai rata-rata 86 kualitas sangat baik, tahap penulisan nilai rata-rata 89 kualitas sangat baik, dan tahap pasca penulisan nilai rata-rata 87 kualitas sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Permulaan, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:47
Last Modified: 28 Jul 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17913

Actions (login required)

View Item
View Item