Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Talking Stick di Kelas IV SDN 32 Kuranji Kota Padang

Harilda, Febly (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Talking Stick di Kelas IV SDN 32 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBLY_HARILDA_56809_565_2016.pdf] Text
final_B1_6_FEBLY_HARILDA_56809_565_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang belum disajikan dengan cara yang menarik, menantang minat siswa, serta kurang dapat menggunakan model yang tepat sehingga siswa menjadi kurang aktif, tidak berani mengeluarkan pendapatnya, dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model Talking Stick di kelas IV SDN 32 Kuranji Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 32 Kuranji. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata terhadap penilaian RPP siklus I 73,22% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 92,86% dengan kualifikasi sangat baik. Pada pelaksanaan siklus I aspek guru memperoleh persentase 75% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 87,50% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek siswa siklus I memperoleh persentase 70,32% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 87,50% dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 72,15 dan siklus II 86,05. Dengan demikian, model Talking Stick dapat meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 32 Kuranji Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:47
Last Modified: 28 Jul 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item
View Item