Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar Dengan Teori Van Hielle Di Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Husna, Mivtahul (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar Dengan Teori Van Hielle Di Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MIVTAHUL_HUSNA_01356_3336_2013.pdf] Text
final_B1_6_MIVTAHUL_HUSNA_01356_3336_2013.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa konsep bangun datar merupakan salah satu materi yang perlu dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar (SD). Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa kelas V SD mengalami kesulitan memahami konsep bangun datar ini, terutama pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan teori Van Hielle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tidakan kelas untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar dengan teori Van Hielle. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Yang mana siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Bandar Buat Padang dengan subjek penelitian adalah kelas V SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan evaluasi. Hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar dengan teori Van Hielle pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I pertemuan 1 dari aspek kognitif adalah 61,6. Dari aspek afektif rata-ratanya adalah 57,4 dan rata-rata dari aspek psikomotor adalah 57,6 dan siklus I pertemuan 2 rata-rata kognitifnya adalah 65,4. Dari aspek afektif rata-rata yang didapat adalah 62 dan dari aspek psikomotor adalah 64,8. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 74,3 dari aspek kognitif, 73 dari aspek afektif dan 74 dari aspek psikomotor. Pada penilaian RPP terdapat peningkatan dari 65 % ke 75 % pada siklus I dan 80 % pada siklus II. Kegiatan guru meningkat dari 65 % ke 78 % pada siklus I dan 83 % pada siklus II. Dan pada kegiatan siswa meningkat dari 44 % ke 72 % pada siklus I dan 84 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sifat-sifat bangun dengan teori Van Hielle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:18
Last Modified: 28 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item
View Item