Suryani, Sintia (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 30 Taratak Tangah Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Sintia_Suryani_17129413_1585_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_Sintia_Suryani_17129413_1585_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Sintia_Suryani_17129413_1585_2022.pdf
Download (545kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran tematik terpadu sehingga proses pembelajaran berjalan monoton . Dalam pembelajaran cenderung bersifat satu arah karena guru banyak menggunakan metode ceramah hal ini membuat peserta didik kurang aktif mengeluarkan pendapat,peserta didik juga sulit berkonsentrasi dan memahami pembelajaran hal ini nampak saat proses pembelajaran peserta didik cendrung ribut dan pembelajaran nampak tidak menyenangkan. Ketika diberikan pertanyaan banyak peserta didik kurang percaya diri sehingga kelas cenderung di dominasi oleh peserta didik yang pintar.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Talking Stick . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatf Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 30 Taratak Tangah Kabupaten Pesisir Selatan.Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dilakukan dengan kerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas IV SD Negeri 30 Taratak Tangah yang berjumlah 12 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I 75% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 82,14% kualifikasi baik (B). Pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 78,75% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 85% kualifikasi baik (B). Pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 76,25% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 82,5% kualifikasi baik (B). Dari hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 71,09 kualifikasi Cukup (C) sedangkan pada siklus II 84,87 kualifikasi Baik (B). Dengan demikian, model Kooperatif Tipe Talking Stick dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD Negeri 30 Taratak Tangah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Proses Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17905 |