Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 13 Muaro Tantang.

Susanti, Mitra (2012) Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 13 Muaro Tantang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MITRA_SUSANTI_95200_802_2013.pdf] Text
final_B1_6_MITRA_SUSANTI_95200_802_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan langkanya guru menggunakan metode yang bervariasi, guru sering mendomonasi pembelajaran, dan siswa kurang motipasi dalam belajar, Maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN 13 Muaro Tantang Kecamatan Palembayan, tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari empat kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 13 Muaro Tantang Kecamatan Palembayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar observasi. . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 13 Muaro Tantang. Siklus I Perolehan skor rata-rata aspek kognitif 67%, afektif 69%, psikomotor 69%, penilaian RPP 73%, penilaian aspek guru78%, aspek penilaian siswa 73%. Siklus II Perolehan skor aspek kgnitif 81%, Aspek efektif 86%, Aspek psikomotor 86%, penilaian RPP 85%, Penilaian aspek guru 94%, dan aspek penilian siswa 87%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:18
Last Modified: 28 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17903

Actions (login required)

View Item
View Item