Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 01 Ladang Cakiah Kec.Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi

Mista, Mista (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 01 Ladang Cakiah Kec.Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MISTA_10479_2340_2012.pdf] Text
final_B1_6_MISTA_10479_2340_2012.pdf

Download (152kB)

Abstract

Pembelajaran membaca permulaan bertujuan agar siswa mampu membaca nyaring. Permasalah yang akan diteliti adalah bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 01 Ladang Cakiah Kota Bukittinggi. Kemampuan membaca permulaan siswa masih rendah, penyebabnya adalah guru tidak sensitive terhadap ketidakmampuan siswa dalam membaca, menyamakan kemampuan siswa dalam metoda mengajar dan kurang menggunakan media dalam mengajarkan materi kepada siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Pendekatan SAVI pada Siswa Kelas 1 SD pelaksanaan pada tahap prabaca, tahap saat baca, dan tahap pascabaca. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1 SDN 01 Ladang Cakiah Bukittinggi, yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD dari siklus 1 sampai siklus 2. Hal ini tampak pada siswa senang dalam belajar dan mudah memahami membaca permulaan. Keberhasilan yang dicapai dari 20 orang siswa selama belajar pada siklus 1 masih dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat pada penilai saat baca (penilaian proses) pada siklus 1 yaitu: 66% dan penilaian pascabaca (penilaian hasil) pada siklus 1 yaitu 9 orang tuntas dengan persentase 40% dan 11 orang belum tuntas dengan persentase 55%. Pada siklus 2 penilaian saat baca (Penilaian proses) yang diperoleh yaitu 92% dan penilaian pascabaca (penilaian hasil) sebanyak 17 orang tuntas dengan persentase 87%, sebanyak 3 orang belum tuntas dengan persentase 15%. Pada siklus 2 hasil yang dicapai lebih baik dari pada sebelumnya setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian siswa sudah dapat membaca permulaan dengan membedakan kalimat, kata, suku kata, dan huruf dengan menggunakan pendekatan SAVI.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Pendekatan SAVI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:18
Last Modified: 28 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17901

Actions (login required)

View Item
View Item