Studi Deskriptif Pembelajaran Ansambel di SMP Negeri 29 Padang.

Setia, Sinta Krisma (2020) Studi Deskriptif Pembelajaran Ansambel di SMP Negeri 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SINTA_KRISMA_SETIA_16023138_1974_2020.pdf] Text
final_B1_6_SINTA_KRISMA_SETIA_16023138_1974_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan didukung oleh instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk manganalisis data adalah mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 29 Padang terdiri dari pembagian kelompok, penepatan, pemilihan alat musik dan pembelajaran tiap musik/ alat musik. Kegiatan pembelajaran ansambel musik dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, latihan/proses dan evaluasi. Pada tahap persiapan, guru mempersiapkan perangkat mengajar, materi pelajaran, dan siswa mempersiapkan alat musik. Pada tahap latihan/proses, guru memberikan apersepsi dalam mengingatkan kembali tentang pengertian ansembel musik dan jenis alat musik, pengenalan lagu yang akan dimainkan dan memberikan partitur musik, teknik memaikan alat musik recorder dan pianika. Pada tahap evaluasi, guru dapat menilai, meninjau, melihat keberhasilan dan perkembangan peserta didik terhadap pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Studi Deskriptif, Pembelajaran Ansambel
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:18
Last Modified: 28 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17900

Actions (login required)

View Item
View Item