Penggunaan Model Group Investigasi (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Kubu Tanjung Kota Bukittinggi

Misdayerni, Misdayerni (2012) Penggunaan Model Group Investigasi (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Kubu Tanjung Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MISDAYERNI_09322_4388_2012.pdf] Text
final_B1_6_MISDAYERNI_09322_4388_2012.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Tidak terlihatnya kerjasama antara guru dan siswa. Siswa tidak terlibat aktif dalam melakukan tindakan dan pengamatan sehingga pembelajaran IPS tidak bermakna bagi siswa. Untuk itu peneliti ingin mencoba meningkatkan hasil belajar IPS dengan penggunaan model cooperatif learning type group investigasi (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penggunaan model cooperatif learning type GI dilakukan dengan penelitian tindakan kelas yang diamati oleh observer dengan subjek penelitiannya siswa kelas IV SD N 08 Kubu Tanjung Kota Bukittinggi tahun ajaran 2010-2011 yang terdiri dari dua siklus dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setelah dilakukan siklus 1, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilakukan pada siklus 1 memberi kesimpulan bahwa perlu dilakukan siklus 2 untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: (a) mengidentifikasikan topik dan mengatur siswa ke dalam kelompok, (b) merencanakan tugas yang akan dipelajari, (c) melaksanakan investigasi, (d) menyiapkan laporan akhir, (e) mempresentasikan laporan akhir, (f) evaluasi, (2) hasil pemahaman terhadap pembelajaran. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model cooperatif learning type GI meningkat. Hasil penilaian penelitian siklus I diperoleh dalam perencanaan rata-rata 77,5%, siklus II rata-rata 87,5%. Nilai pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 78%, dan siklus II rata-rata 88,75%. Nilai aspek siswa: nilai kognitif siklus I rata-rata 74% dan siklus II rata-rata 85,5%. Nilai afektifnya siklus I rata-rata 60,5% dan siklus II rata-rata 78%. Nilai psikomotor siklus I rata-rata 70,5% dan siklus II rata-rata 84%. Hasil belajar siklus I 66,5% dan siklus II 82,5%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas dengan Penggunaan Model cooperatif learning type GI dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation (GI), Peningkatan hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:18
Last Modified: 28 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17897

Actions (login required)

View Item
View Item