Sinermawati, Sinermawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle di Kelas V SD Negeri 04 Makmur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SINERMAWATI_52623_2310_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SINERMAWATI_52623_2310_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SINERMAWATI_52623_2310_2012.pdf
Download (364kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan dilapangan bahwa pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 04 Makmur Kec. Padang Gelugur Kab. Pasaman rendah, hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru kurang mengguakan pendekatan yang bervariasi. Pembelajaran cendrung berpusat pada siswa mengakibatkan hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Melihat hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe inside-outside circle di kelas V SD Negeri 04 Makmur Kec. Padang Gelugur Kab. Pasaman. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk rancangan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaan, dan hasil pembelajaran IPS melalui tipe insideoutside circle yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Makmur Kec. Padang Gelugur Kab. Pasaman. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif adalah merupakan penelitian yang lebih banyak ditujukan kepada pembentukan teoriteori dan konsep-konsep, sedangkan pendekatan kuantitatif adalah suatu proses merumuskan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Berdasarkan hasil pengamatan perencanaan siklus I dengan rata-rata 77% sedangkan siklus II rata-rata menjadi 95%. Hasil pelaksanaan aktifitas guru Siklus I dan II rata-rata 89% dan pelaksanaan aktivitas siswa siklus I dan II dengan ratarata 81%. Hasil penelitian siklus I pada tes akhir nilai rata-rata siswa 6,8 (67%) sedangkan pada tes akhir pada siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 7,9 (91,7%) terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tipe inside-outside circle dalam pembelajara IPS di kelas V SD Negeri 04 Makmur Kec. Padang Gelugur Kab. Pasaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan harapan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:09 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17893 |