Penggunaan Pendekatan Konstruktvistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaring-jaring Kubus dan Balok Siswa kelas IV SDNegeri 23 Ujung Gurun Kota Padang

Misdawati, Misdawati (2012) Penggunaan Pendekatan Konstruktvistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaring-jaring Kubus dan Balok Siswa kelas IV SDNegeri 23 Ujung Gurun Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MISDAWATI_09630_3892_2012.pdf] Text
final_B1_6_MISDAWATI_09630_3892_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang , masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru, guru lebih banyak memberikan penjelasan dalam pembelajaran sehingga siswa menerima apa saja yang diberikan guru tanpa menemukan sendiri konsep pembelajaran. Untuk itu peneliti berkeinginan untuk meningkatkan hasil belajar jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik . Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk rancangan dan pelaksanaan pembelajaran jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun yang berjumlah sebanyak 24 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan pada siklus I pertemuan 1 persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh aspek kognitif 67%, aspek afektif 62%, dan aspek psikomotor 61%. Pada siklus I pertemuan 2 sudah ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh aspek kognitif74%, aspek afektif 74%, dan aspek psikomotor 77%. Kemudian pada siklus II terlihat hasil yang meningkat persentase nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh aspek kognitif, 82%, aspek afektif 77%, dan aspek psikomotor 77%. Penggunaan pendekatan Konstruktivistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan jaring-jaring kubus dan balok di kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan konstruktivistik, Peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:09
Last Modified: 28 Jul 2025 08:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17892

Actions (login required)

View Item
View Item