Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Dengan Pendekatan Belajar Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD Negeri 06 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Mirnawati, Mirnawati (2014) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Dengan Pendekatan Belajar Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD Negeri 06 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MIRNAWATI_99273_6383_2016.pdf] Text
final_B1_6_MIRNAWATI_99273_6383_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama yang selama ini masih bersifat konvensional, sehingga masih rendahnya hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan peningkatan hasil belajar pecahan dengan menggunakan pendekatan belajar kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 06 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dimana pendekatan ini berkaitan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 06 Lubuk Alung dengan jumlah siswa 23 orang siswa. Hasil penelitian penilaian RPP siklus I yaitu 67,85%, siklus II yaitu 92,85%. Untuk penilaian aspek guru siklus I pertemuan I 79%, siklus I pertemuan II tetap 79% dan pada siklus II yaitu 94%. Untuk aktivitas siswa siklus I 71% dan siklus II 93%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan 61% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas 89 dengan ketuntasan 87%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, Pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:08
Last Modified: 28 Jul 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item
View Item