Maharani, Bunga (2022) Dampak Penggunaan Aplikasi Geschool terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BUNGA_MAHARANI_18023055_2451_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_BUNGA_MAHARANI_18023055_2451_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BUNGA_MAHARANI_18023055_2451_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan aplikasi Geschool terhadap pembelajaran seni budaya (tari) di SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa kamera, foto, dan wawancara. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengidentifikasi data, mengklarifikasi data, mendeskripsikan data, menganalisis data, dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Geschool pada pembelajaran seni budaya (tari) kelas XI MIPA 1 SMA Adabiah 2 Padang mempunyai dampak positif dan dampak negatif terhadap guru maupun siswa. Dampak positif bagi guru yaitu guru lebih mudah dalam mengakses materi ke dalam Geschool, adanya tanggung jawab latihan dan ulangan harian kepada siswa. Dampak negatif terhadap guru ialah gangguan pada sinyal yang menyebabkan Geschool error pada saat melakukan pengiriman materi kepada siswa, kesehatan terganggu, dan proses belajar mengajar kurang efektif dan efisien. Sedangkan dampak positif terhadap siswa yaitu disiplin dan tanggung jawab akan tugas yang diberikan oleh guru, siswa dapat mengulang kembali materi yang telah diajarkan di rumah. Dampak negatif terhadap siswa ialah siswa kesulitan dalam memahami materi, biaya pengeluaran orang tua menjadi semakin bertambah untuk membeli paket internet dalam belajar di sekolah dan di rumah, mengancam kesehatan, siswa lalai dengan adanya smartphone dalam pembelajaran, dan kurangnya interaksi siswa bersama teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:08 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17883 |