Wahyuni, Tri Anggun (2018) Pengaruh LKPD Terintegrasi Materi Gelombang Gempa Bumi Terhadap Kompetensi Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran Creative Problem Solving tipe Simplex Pada Materi Gelombang di Kelas XI SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_TRI_ANGGUN_WAHYUNI_1305797_1278_2018.pdf [thumbnail of B1_05_TRI_ANGGUN_WAHYUNI_1305797_1278_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_TRI_ANGGUN_WAHYUNI_1305797_1278_2018.pdf
Download (621kB)
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi fisika menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik sehingga hasil belajarnya rendah. Motivasi peserta didik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang kontekstual dan bermakna dengan cara mengintegrasikan masalah nyata yang ada di lingkungan sekitarnya kedalam bahan ajar peserta didik, seperti gelombang gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki perbedaan, pengaruh dan kontribusi LKPD terintegrasi materi gelombang gempa bumi terhadap kompetensi peserta didik dalam model Creative Problem Solving tipe Simplex pada materi gelombang di kelas XI SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Padang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive sampling. Data penelitian adalah data hasil belajar peserta didik kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan serta nilai LKPD terintegrasi gelombang gempa bumi. Untuk mengetahui perbedaan kompetensi peserta didik dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji t), sedangkan untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi LKPD terhadap kompetensi peserta didik dilakukan uji regresi dan korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk semua kompetensi. Hasil penelitian melalui uji korelasi didapat nilai rhitung pengetahuan 0,78, sikap 0,62 dan keterampilan 0,73. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa , terdapat perbedaan yang berarti LKPD terintegrasi materi gelombang gempa bumi terhadap kompetensi peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada asek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Terdapat pengaruh yang berarti LKPD terintegrasi materi gelombang gempa bumi terhadap kompetensi peserta didik untuk taraf nyata 0,05 pada materi gelombang di kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Dan terdapat Kontribusi LKPD pada aspek pengetahuan adalah sangat kuat, dengan persentase kontribusi sebesar 60,49%. Kontribusi LKPD pada aspek sikap adalah kuat, dengan persentase kontribusi sebesar 38,73 %. Kontribusi LKPD pada aspek keterampilan adalah kuat, dengan persentase kontribusi sebesar 53,03 %
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; Gelombang Gempa Bumi; Kompetensi Peserta Didik; Creative Problem Solving; |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17879 |