Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SDN 02

Fadillah, Nia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SDN 02. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NIA_FADILLAH_17129239_783_2022.pdf] Text
final_B1_6_NIA_FADILLAH_17129239_783_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan pada proses pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi sehingga pada pembelajaran masih terkesan biasa, dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 02 Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Suayan dengan jumlah 16 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan ratarata 82,9% (baik), dan siklus II 90,0% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,4 (sangat baik), dan siklus II 90,0% (sangat baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 81,2% (baik), dan siklus II 87,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 72,3 dan siklus II dengan rata-rata 88,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:07
Last Modified: 28 Jul 2025 08:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item
View Item