Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 38 Lubuk Sao Maninjau Kecamatan Tanjung Raya.

Cotari, Mira Yeni (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 38 Lubuk Sao Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MIRA_YENI_COTARI_95217_1632_2016.pdf] Text
final_B1_6_MIRA_YENI_COTARI_95217_1632_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA yang disebabkan guru tidak mengaitkan pembelajaran IPA dengan lingkungan siswa dan guru jarang sekali melakukan percobaan, siswa hanya mendengarkan sajian materi dari guru tanpa memberi kesempatan bagi siswa untuk menemukan sendiri konsep IPA. Akibatnya pembelajaran menjadi membosankan dan siswapun tidak mengerti dalam pembelajaran dan ketuntasan belajar tidak mencapai KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri di kelas V SDN 38 Lubuk Sao Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 38 Lubuk Sao Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan Februari dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan dari setiap tindakan yang dilaksanakan pada proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian dapat dilihat pada siklus I pada RPP dengan nilai rata – rata 69,64%, dan siklus II dengan nilai rata – rata 87,49%. Pada siklus I aspek guru dengan nilai rata – rata 64,77%, dan siklus II dengan nilai rata – rata 85,22%. Aspek siswa pada siklus I dengan nilai rata – rata 63,63%, dan siklus II dengan nilai rata – rata 85,22%. Aspek hasil belajar siklus I dengan nilai rata – rata 62,80 dan siklus II dengan nilai rata – rata 83,09. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:07
Last Modified: 28 Jul 2025 08:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17871

Actions (login required)

View Item
View Item