Daniati, Nia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model PBL Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Budi Mulia Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NIA_DANIATI_56703_708_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NIA_DANIATI_56703_708_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NIA_DANIATI_56703_708_2014.pdf
Download (421kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Islam Budi Mulia Kota Padang, bahwa nilai PKn siswa kelas IV rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran di dalam kelas lebih di dominasi oleh guru yang berdampak,siswa kurang aktif dalam kelas yang mengakibatkan nilai siswa rendah. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model PBL di SDI Budi Mulia Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penilitian ini penulis bertindak sebagai praktisi dan Subjek dalam penilitan ini, siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dilaksanakan 5 tahap yaitu: 1) memberikan orientasi tentang permasalahanya kepada siswa, 2) mengorganisasikan siswa untuk meneliti, 3) membantu investigasi mandiri dan kelompok, 4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah. Dari hasil penelitian rata – rata RPP pada siklus I adalah 64,75%, meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Hasil rata – rata pelaksanaan aspek guru siklus I adalah 62.5%, meningkat pada siklus II menjadi 95,5%. Hasil rata – rata pelaksanaan aspek siswa siklus I adalah 67%, meningkat pada siklus II menjadi 92%. Untuk aspek kognitif nilai rata – rata siklus I adalah 61%, meningkat pada siklus II menjadi 84,25%. Untuk aspek afektif pada siklus I adalah 68%, meningkat pada siklus II menjadi 82,5%. Untuk aspek psikomotor nilai rata – rata siklus I adalah 69%, meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Model PBL dapat digunakan sebagai suatu referensi dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar PKn, model PBL, SD Islam Budi Mulia, Kota Padang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17870 |