Pembelajaran Bernyanyi Kelas VII 3 Di SMPN 3 Batusangkar

Asril, Sindi (2015) Pembelajaran Bernyanyi Kelas VII 3 Di SMPN 3 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SINDI_ASRIL_2867_2015.pdf] Text
final_B1_6_SINDI_ASRIL_2867_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Bernyanyi Kelas VII 3 Di SMPN 3 Batusangkar, Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian adalah siswa kelas VII 3 dan Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tindakan, dokumentasi dan studi pustaka. Menurut Syaiful (2003: 61) belajar adalah setiap kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang mempelajari sesuatu kemampuan dan atau menilai yang baru dalam proses yang sistimatis melalui tahap rancangan, pelaksanaan dan evaluasi dalam konteks kegiatan belajar mengajar.Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam memajukan siswanya memahami pelajaran yang disampaikannya salah satunya menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian didapatilah bahwa perlunya guru terlebih dahulu membuat sebuah disain pembelajaran yang berisikan rancangan, pelaksanaan dan evaluasi yang terganbar dalam bentuk RPPnya. Berdasarkan proses pembelajaran bernyanyi yang telah peneliti lakukan di kelas VII3 SMP Negeri 3 dari Kompetensi Dasar yang dipedomani adalah menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu dimana dapat meningkatkan kreativitas, wawasan pengetahuan siswa tentang pembelajaran bernyanyi.Dalam hal ini siswa dapat memahami dan mempraktekan bernyanyi dengan teknik vokal yang baik dan benar. Siswamampu memperagakan cara teknik bernyanyi yang telah ng untuk lebih kreatif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran, Bernyanyi.
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:06
Last Modified: 28 Jul 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item
View Item