Ningsih, Fitria Dian (2016) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 11 Koto Laweh Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FITRIA_DIAN_NINGSIH_93647_501_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_FITRIA_DIAN_NINGSIH_93647_501_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FITRIA_DIAN_NINGSIH_93647_501_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar luas bangun
datar di kelas V SDN 11 Koto Laweh. Hal ini terjadi karena guru lebih sering
memberikan materi secara langsung tanpa membimbing peserta didik menemukan
rumus matematika, guru tidak melaksanakan kegiatan inkuiri, guru tidak
mengembangkan sifat ingin tahu peserta didik dengan bertanya dan guru tidak
membuat kelompok belajar. Untuk itu peneliti dengan penelitian tindakan kelas
ini bertujuan mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar luas Bangun Datar
dengan pendekatan CTL di kelas V SD Negeri 11 Koto Laweh Kecamatan
Lembang Jaya Kabupaten Solok
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data
penelitian berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru data aktivitas
siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V
SD Negeri 11 Koto Laweh Kabupaten Solok, yang berjumlah 21 orang siswa.
Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-ratanya adalah 80,3, tahap
pelaksanaan dari aspek guru rata-rata 80,7, dari aspek siswa rata-rata 76,8, dan
hasil belajar siswa 76.3. Sedangkan pada siklus II pada RPP diperoleh hasil 91,0,
tahap pelaksanaan dari aspek guru 91.1, dari aspek siswa 88.4 dan hasil belajar
siswa meningkat menjadi 86,8. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual
Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar di
kelas V SD Negeri 11 Koto Laweh Kabupaten Solok. Kesimpulan dari penelitian
ini perencanaan pembelajaran luas bangun datar di sajikan dengan pendekatan
CTL yang terdiri atas 7 langkah yaitu : (1)kontrutifisme (2)inquiri/menemukan
(3)bertanya (4)masyarakat belajar (5) pemodelan (6)refleksi (7)penilaian
sebenarnya. Dalam pelaksanaannya dapat meningkatkan penilaian hasil belajar
dan ketuntasan peserta didik pada pembelajaran luas bangun datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17861 |