Gunawan, Toni (2013) Penerapan Peta Konsep dalam Pembelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital (MDDTG) pada Materi Ajar Sistem Bilangan di Kelas X SMK Elektro Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_TONI_ GUNAWAN_00575_622_2013.pdf [thumbnail of B1_05_TONI_ GUNAWAN_00575_622_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_TONI_ GUNAWAN_00575_622_2013.pdf
Download (975kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Siswa menganggap bahwa MDDTG itu adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan, apabila mereka akan ujian mereka cenderung menghafal rumus-rumus dan gambar-gambar tanpa mengerti makna yang terkandung dari rumus-rumus dan gambar-gambar tersebut. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan peta konsep. Melalui peta konsep dapat diperlihatkan bagaimana konsep itu saling berkaitan satu sama lainnya, sehingga dengan adanya peta konsep siswa dapat melihat materi pelajaran itu lebih jelas dan mempelajarinya lebih bermakna. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Elektro Sijunjung yang terdaftar tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 61 orang siswa yang tersebar dalam dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XE1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas XE2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata rata siswa kelas eksperimen yaitu 76,70, sementara siswa kelas kontrol lebih rendah yaitu 69,80. Hasil uji hipotesis didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 3,09 > ttabel (1,698). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan Peta Konsep dalam Pembelajaran MDDTG lebih baik dari hasil belajar siswa tanpa menggunakan peta konsep di kelas X SMK Elektro Sijunjung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, Hasil Belajar, Randomized Control Group Only Design. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17860 |