Rahmadeni, Nezi (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Pendekatan Integrated Bagi Siswa Kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NEZI_RAHMADENI_15659_3491_20147.pdf [thumbnail of final_B1_6_NEZI_RAHMADENI_15659_3491_20147.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NEZI_RAHMADENI_15659_3491_20147.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis narasi siswa di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang masih rendah. Hal ini disebabkan guru kurang mengembangkan keterampilan berfikir siswa dalam menulis dan guru kurang mengkomunikasikan hasil menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan pendekatan integrated bagi siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas III dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas aspek guru siklus 1 69,44% dengan kualifikasi cukup, menjadi 93,05% dengan kualifikasi sangat baik siklus 2. Aktivitas aspek siswa siklus 1 66,66% kualifikasi cukup menjadi 88,88% kualifikasi sangat baik siklus 2. Sedangkan rata-rata nilai siswa siklus 1 72,33 kualifikasi baik menjadi 82,23 kualifikasi sangat baik siklus 2. Tahap prapenulisan siklus 1 71,15 kualifikasi baik menjadi 82,90 kualifikasi sangat baik siklus 2. Tahap penulisan siklus 1 71,25 kualifikasi baik menjadi 79,25 kualifikasi baik siklus 2. Tahap pascapenulisan siklus 1 74,60 kualifikasi baik menjadi 84,60 kualifikasi sangat baik siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menulis narasi dengan pendekatan integrated dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis narasi, pendekatan integrated, SD Pembangunan Laboratorium UNP, Padang Utara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17856 |