Iriani, Mira (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MIRA_IRIANI_09634_453_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MIRA_IRIANI_09634_453_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MIRA_IRIANI_09634_453_2012.pdf
Download (361kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Siswa kurang mampu menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan kemampuan menulis karangan narasi pada tahap pramenulis, tahap menulis dan pascamenulis. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan, Pada siklus I sebagian besar siswa masih kurang mampu membuat karangan narasi. Sehingga dilakukan bimbingan kepada siswa pada masing – masing langkah pembelajaran konstruktivisme. Pada siklus II siswa sudah mampu membuat karangan narasi, sehingga nilai rata – rata menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan dari 64,9 pada siklus I menjadi 75,8 pada siklus II. Dengan tingkat ketuntasan 54 % pada siklus I menjadi 92 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan kemampuan menulis, Karangan narasi, Pendekatan konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17852 |