Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar Segi Empat dan Segi Tiga Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SD Negeri 36 Kinali Pasaman Barat.

Candra, Budi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar Segi Empat dan Segi Tiga Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SD Negeri 36 Kinali Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BUDI_CHANDRA_57089_5633_2012.pdf] Text
final_B1_6_BUDI_CHANDRA_57089_5633_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pada pembelajaran sifat-sifat segi empat dan segi tiga di kelas V SD N 36 Kinali, guru masih mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Siswa kurang aktif dan kurang bekerja sama. Menyikapi kenyataan di atas, diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun datar segi empat dan segi tiga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas V SDN 36 Kinali, merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif dan efisien untuk dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data RPP, data aktivitas guru, data aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 36 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Tahun ajaran 2011/2012.
Hasil penelitian siklus I pada tahap perencanaan diperoleh hasil 80,5%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 75% dan dari aspek siswa 66,5%, tahap hasil belajar tes individual siswa dengan rata-rata 66, hasil tes afektif 65,9%, hasil tes psikomotor 69,15%. Sedangkan pada siklus II tahap perencanaan diperoleh hasil 93%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 91% dan dari aspek siswa 80%, tahap hasil belajar tes individual siswa meningkat menjadi rata-rata 87,9, hasil tes afektif 82%, tes psikomotor 81,2%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran sifat-sifat bangun datar segi empat dan segi tiga di kelas V SD N 36 Kinali.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar, bangun datar, segi empat, segi tiga, siswa aktif, pembelajaran matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:04
Last Modified: 28 Jul 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17845

Actions (login required)

View Item
View Item