Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Mind Mapping di Kelas V SDN 13 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman

Simorangkir, Mindo (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Mind Mapping di Kelas V SDN 13 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MINDO_SIMORANGKIR_52601_2574_2012.pdf] Text
final_B1_6_MINDO_SIMORANGKIR_52601_2574_2012.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN 13 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang masih menggunakan pendekatan konvensional, yaitu ceramah dan tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh guru, yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan Mind Mapping di Kelas V SDN 13 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman T.P 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 13 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research Classroom) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan. Observasi, dan (4) Refleksi. Data dalam penelitian ini ialah menngunakan analisis kuantitatif dan kalitatif. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus (dalam satu siklus dua kali pertemuan). Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa pada tiap akhir pertemuan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan Mind Mapping dapat dilihat dari proses dan hasil tes siswa setiap pertemuan. Hasil yang didapat pada pengamatan perencanaan (RPP) siklus I , yaitu: 60.71%; perencanaan (RPP) siklus II , yaitu: 80.36%, artinya perencanaan tersebut sudah berhasil dijalankan oleh guru. Hasil pengamatan yang dicapai pada aktivitas guru pada siklus I ialah 52.50%, sedangkan pada siklus II ialah 81.25 %. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I ialah 50.00 %, sementara pada siklus II pengamatan aktivitas siswa ialah 77.50 %. Hasil belajar yang didapat siswa pada siklus I ialah 54 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 93.33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, Pembelajaran IPS, Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:03
Last Modified: 28 Jul 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17838

Actions (login required)

View Item
View Item