Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Siklus di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Syukri, Rendi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Siklus di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RENDI_ SYUKRI_96329_3521_2013.pdf] Text
final_B1_06_RENDI_ SYUKRI_96329_3521_2013.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA belum sesuai dengan tujuan pembelajaran IPA yang diharapkan. Guru terlalu mendominasi pembelajaran, pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran lama. Selain itu dalam mengajarkan materi IPA guru hanya terpaku pada buku paket saja. Pembelajaran seperti ini tentu tidak dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan dalam pembelajaran IPA. Disamping itu KKM dalam pembelajaran IPA belum tercapai. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran siklus.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran siklus dengan tahapan pemangkitan minat, menggali pengetahuan siswa, penjelasan, penerapan, dan penilaian. Subjek penelitian adalah guru (observer), peneliti dan siswa kelas V sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Perencanaan, siklus I 76,8%, siklus II 89,3%, meningkat 12,5%, b) Pelaksanaan, aktivitas guru, siklus I 78,4%, siklus II 90,90% meningkat 12,5%. Aktivitas siswa, siklus I 78,4%, siklus II 90,90%, meningkat 12,5%. c) Hasil belajar siklus I 75,07, siklus II 83,70, meningkat 8,63%. Berarti, model pembelajaran siklus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 01 bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Model Siklus.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:03
Last Modified: 28 Jul 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item
View Item