Oktari, Silvia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pembuatan Mind Map di Kelas IV SDN 19 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SILVIA_OKTARI_11881_3510_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SILVIA_OKTARI_11881_3510_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SILVIA_OKTARI_11881_3510_2013.pdf
Download (370kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi kondisi pembelajaran PKn di SD masih berpusat kepada guru sehingga siswa kurang aktif. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan pembuatan mind map di kelas IV SDN 19 Air Tawar Barat kota Padang. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan pembuatan mind map. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan mengikuti prosedur pembuatan mind map. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 19 Air Tawar Barat kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan RPP siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 78,57% kualifikasi baik dan 85,71% kualifikasi sangat baik, sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu 92, 86% kualifikasi sangat baik dan 96,43% kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 75% kualifikasi cukup baik dan 79,5% kualifikasi baik, sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu 86,36% kualifikasi sangat baik dan 93,18% kualifikasi sangat baik. Aspek siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 75% kualifikasi cukup baik dan 81,81% kualifikasi baik, sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu 88,63% kualifikasi sangat baik dan 90,9% kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 memperoleh rata-rata yaitu 65,4 kualifikasi cukup baik dan 69,05 kualifikasi cukup baik, sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu 76,96 kualifikasi baik dan 79,9 kualifikasi baik. Melihat hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan pembuatan mind map dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 19 Air Tawar Barat kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembuatan Mind Map |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17829 |