Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SDN 15 Taratak Baru Kec. Tanjung Gadang Kab. Sijunjung.

Ocyusa, Brithia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SDN 15 Taratak Baru Kec. Tanjung Gadang Kab. Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BRITHIA_OCYUSA_07604_3105_2013.pdf] Text
final_B1_6_BRITHIA_OCYUSA_07604_3105_2013.pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 15 Taratak Baru Kec. Tanjung Gadang Kab. Sijunjung. Pada proses pembelajaran berlangsung guru tidak memberikan permasalahan nyata kepada siswa akibatnya siswa kurang bisa melakukan operasi penjumlahan bilangan bulat. Pendekatan PMRI ini adalah suatu pendekatan pembelajaran yang pada dasarnya pemanfaatan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memperlancar proses pembelajaran matematika, sehingga mencapai tujuan matematika secara baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan PMRI dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru.
Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 18 orang.
Hasil penelitian ini menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I pertemuan 1 adalah 71,43, aktivitas guru 71,43, aktivitas siswa 67,89, dan hasil belajar siswa 65,56. Hasil penilaian perencanaan siklus I pertemuan 2 adalah 78,57, aktivitas guru 82,14, aktivitas siswa 78,57, dan hasil belajar siswa 68,89. Sedangkan hasil penilaian perencanaan siklus II pertemuan 1 adalah 85,71, aktivitas guru 85,71, aktivitas siswa 85,71, dan hasil belajar siswa 73,89. Hasil penilaian perencanaan siklus II pertemuan 2 adalah 92,86, aktivitas guru 92,86, aktivitas siswa 92,86, dan hasil belajar siswa 75,28. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar penjumlahan bilangan bulat dengan pendekatan PMRI meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan PMRI, penjumlahan bilangan bulat, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:02
Last Modified: 28 Jul 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17827

Actions (login required)

View Item
View Item