Wati, Fitria (2017) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Talking Stikc di Kelas IV SD Negeri 20 Sungai Geringging Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FITRIA_WATI_56695_135_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_FITRIA_WATI_56695_135_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FITRIA_WATI_56695_135_2017.pdf
Download (749kB)
Abstract
Penelitian ini disebabkan oleh guru belum menjelaskan materi dengan rinci atau
belum meberikan kesempatan kepada siwa untuk membaca materi secara menyeluruh.
Akibatnya siswa kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam belajar, siswa kurang
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, siswa kurang percaya diri dalam
mengemukakan ide sehingga hasil belajar IPS menjadi rendah. Untuk mengatasi diperlukan
pembelajaran yang menarik dan bervariasi, salah satunya adalah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Talking Stik. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peninggkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Talking Stik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus 3 kali pertemuan. Data
penelitian berupa hasil pengamatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS, subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD. Prosedur penelitian ada empat tahap yaitu:
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.
Hasil penelitian siklus I dari aspek RPPnilai yang diperoleh rata-rata 59.37%
(Kurang) meningkat pada siklus IInilai yang diperoleh rata-rata 90,62% (Sangat Baik). Pada
aspek guru siklus Inilai yang diperoleh rata-rata 67.85% (Kurang) meningkat pada siklus
IInilai yang diperoleh rata-rata 89,28% (Sangat Baik) dan aspek siswa siklus I nilai yang
diperoleh rata-rata 71,42% (Cukup) meningkat pada siklus IInilai yang diperoleh rata-rata
85,71% (Baik). Pada hasil belajar siswa siklus 1 nilai yang diperoleh rata-rata
73.85%(cukup) meningkat pada siklus II nilai yang diperoleh rata-rata 84.80% (Baik) Jadi,
dapat disimpulankan pembelajaran IPS dengan model Talking Stikc dapat meningkatkan di
kelas IV SDN 20 Sungai Geringging.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17820 |