Riwanti, Rency (2017) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sd Negeri 14 Olo Padang Barat. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RENCY_RIWANTI_14129127_547_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_RENCY_RIWANTI_14129127_547_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RENCY_RIWANTI_14129127_547_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru belum variatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar IPA dengan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 14 Olo Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan setiap tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen . Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa berjumlah 19 orang terdiri dari 14 laki laki dan 5 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada RPP, pelaksanaan dan hasil belajar. Pada siklus I rata-rata persentase penilaian RPP adalah 76,5 % dengan kriteria baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93 % dengan kriteria sangat baik (SB). Dari pelaksanaan, siklus I aspek guru memperoleh rata-rata persentase 78 % dengan kriteria baik (B), siklus II memperoleh persentase 92% dengan kriteria sangat baik (SB). Dan aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata persentase 76 % dengan kriteria baik (B), siklus II mengalami peningkatan menjadi 90 % dengan kriteria sangat baik (SB). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,5 dengan kriteria baik (B) dan siklus II adalah 90 dengan kriteria sangat baik (SB). Dengan demikian, metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 14 Olo Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17817 |