Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Compositioan (CIRC) Di Kelas IV SDN 30 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Sari, Silvia Irna (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Compositioan (CIRC) Di Kelas IV SDN 30 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SILVIA_IRNA_SARI_2017.pdf] Text
final_B1_6_SILVIA_IRNA_SARI_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa dalam memahami teks bacaan. Guru hanya menyuruh siswa langsung membaca teks bacaan yang ada dalam buku paket tanpa menerapkan tahap-tahap yang benar dalam membaca, sehingga siswa mengalami kesulitan menentukan ide pokok. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model kooperatif tipe CIRC di kelas IV SDN 30 Sungai Geringging kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 30 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Data penelitian berupa hasil pengamatan proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model kooperatif tipe CIRC pada siswa dan guru. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (5) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) keterampilan membaca pemahaman tahap prabaca siklus I rata-rata 65,38, meningkat pada siklus II rata-rata 78,84 (b) keterampilan membaca pemahaman tahap saatbaca siklus I rata-rata 67,30 meningkat pada siklus II rata-rata 82,69 (c) keterampilan membaca pemahaman tahap pascabaca siklus I rata-rata 67,68 meningkat pada siklus II rata-rata 82,30. Dengan demikian model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 30 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Compositioan (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:24
Last Modified: 28 Jul 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item
View Item