Yolana, Ulfa (2019) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Penyajian Data Peserta Didik Kelas V SD. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ULFA_YOLANA_15129157_3208_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_ULFA_YOLANA_15129157_3208_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ULFA_YOLANA_15129157_3208_2019.pdf
Download (724kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa selama proses pembelajaran guru kurang optimal dalam menunjukkan kemampuan menggunakan pendekatan-pendekatan. Penyampaian materi yang dominan digunakan dengan cara pembelajaran konvensional. Penyajian materi pembelajaran yang kurang menarik disebabkan karena pada saat penyajian materi, guru fokus pada menjelaskan materi saja tanpa memikirkan keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistic indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep penyajian data peserta didik kelas di V SD Gugus 1 Padang Barat Kota Padang tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekspermental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Padang Barat yang terdiri dari 9 sekolah. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh SDN 23 Ujung Gurun kelas Va dan SDN 23 Ujung Gurun kelas Vc, dimana SDN 23 Ujung Gurun kelas Vc sebagai kelas kontrol dan SDN 23 Ujung Gurun kelas Va sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk ganda beralasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest pemahaman konsep penyajian data dengan menggunakan pendekatan PMRI pada kelompok eksperimen 90,37 dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional 75, 67. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh thitung 3,0561 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 32 adalah 1,69389. Berarti thitung >tabel sehingga Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep penyajian data siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Pendekatan Pembelajaran, Penyajian Data, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17812 |