Gusrita, Silvia (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) di Kelas VI SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SILVIA_GUSRITA_95463_6669_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_SILVIA_GUSRITA_95463_6669_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SILVIA_GUSRITA_95463_6669_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran IPS di SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi, selama ini guru dalam pembelajaran IPS masih cenderung bersifat guru sentries kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sering memberikan hafalan materi. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe NHT. Model Cooperative Learning tipe NHT adalah suatu model pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa bahkan juga mendidik agar siswa mau menerima dan bersosialisasi dalam kelompok yang heterogen. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaraan IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VI SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi yang berjumlah 25 orang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 75,69 pada siklus I menjadi 84,4 pada siklus ke II. Penyusunan RPP meningkat dari 60,71 pada siklus I meningkat menjadi 96,43 pada siklus ke II. Pelaksanaan kegiatan guru dan siswa juga meningkat dari 59,62 dan 57,69 pada siklus I meningkat menjadi 86,53 dan 84,62 pada siklus ke II.dari hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together, dan meningkatkan hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17807 |