Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota

Zahra, Floriani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FLORIANI_ZAHRA_17129331_4941_2021.pdf] Text
final_B1_06_FLORIANI_ZAHRA_17129331_4941_2021.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran
tematik terpadu belum terlaksana secara efektif. Peserta didik kurang termotivasi
untuk aktif, untuk mencari, menemukan, dan memecahkan masalah terhadap
materi pembelajaran secara mandiri. Ini disebabkan karena guru dalam
melaksanakan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang
bervariasi dan pembelajaran masih dilaksanakan secara konvensional. Sehingga
berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan dari penelitian ini
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning dikelas IV SDN 01
Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di
SDN 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek
penelitian yaitu guru kelas dan peserta didik yang berjumlah 24 orang, yang terdiri
dari 16 orang peserta didik laki-laki, 8 orang peserta didik perempuan. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II satu
pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Intrumen yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes, non tes.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar tematik
terpadu peserta didik. Hal ini dilihat dari : RPP siklus I pertemuan 1 79,84%,
pertemuan 2 88,63%, rata-rata 84,23%, siklus II 95,45%. Hasil pelaksanaan
pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan 1 80,55%, pertemuan 2 88,88%, rata
rata 84,71, siklus II 94,44%. Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik
siklus I pertemuan 1 77,77%, pertemuan 2 88,88%, rata-rata 83,32%, siklus II
yaitu 94,44%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 rata-rata 67,656, pertemuan 2
78,526, rata-rata siklus I 73,95. Rata-rata siklus II 86,338. Berdasarkan hasil
tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
dikelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:23
Last Modified: 28 Jul 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item
View Item