Sari, Gusnining Widia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas IV SDN 01 Koto Tangah Smalanggang Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_GUSNINING_WIDIA_SARI_17129332_3859_2022.pdf [thumbnail of final_B1_06_GUSNINING_WIDIA_SARI_17129332_3859_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_GUSNINING_WIDIA_SARI_17129332_3859_2022.pdf
Download (871kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum terlaksananya secara maksimal
proses pembelajaran tematik terpadu. Dapat dilihat dari guru yang masih
mendominasi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada
guru. Hal ini berakibat pada peserta didik yang hanya mendengarkan
pembelajaran berlangsung, peserta didik belum terlibat secara aktif, peserta didik
tampak tidak tertarik mengikuti pembelajaran, dan peserta didik dalam
menyelesaikan tugas secara berkelompok masih belum menunjukkan kerjasama
yang baik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe
Numbered Head Together.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Pada
setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 01
Koto Tangah Simalanggang dengan jumlah 22 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengamatan RPP siklus I
dengan rata-rata 72,83% (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 83.33% (baik). Ini
juga terlihat dari aspek guru siklus I dengan rata-rata 73,61% (cukup) dan siklus II
dengan rata-rata 94,44% (sangat baik). Aspek peserta didik siklus I dengan ratarata
73,61% (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 94,44% (sangat baik). Hasil
belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 77,1 dan siklus II rata-rata
85.35. Dengan demikian hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu
meningkat dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Hasil Belajar, NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17793 |