Pengaruh Implementasi CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik Dalam Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 2 Kota Solok

Pratama, Boby (2012) Pengaruh Implementasi CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik Dalam Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BOBY_PRATAMA_85131_1080_2012.pdf] Text
final_B1_6_BOBY_PRATAMA_85131_1080_2012.pdf

Download (456kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMKN 2 Kota Solok, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada Bidang Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik dalam Rangkaian Elektronika yang ditetapkan sekolah yaitu 70,00 dengan rentangan 0 - 100. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar dengan menggunakan media CD interaktif dengan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Kota Solok. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan dengan menggunakan media CD Interaktif dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji homogenitas dan normalitas, sedangkan uji hipotesis juga dilakukan secara manual. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan CD Interaktif yaitu 76,00 sementara siswa yang menggunakan metode konvensional lebih rendah yaiu 69,27. Hasil hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:21
Last Modified: 28 Jul 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17789

Actions (login required)

View Item
View Item