Ramadani, Uci (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 30 Teratak Tengah Pesisir Selatan. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_UCI_RAMADANI_17129424_281_2022.pdf [thumbnail of final_B1_06_UCI_RAMADANI_17129424_281_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_UCI_RAMADANI_17129424_281_2022.pdf
Download (399kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas Kelas V SDN 30 Teratak Tengah. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan proses belajar peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Talking Stick untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas Kelas V SDN 30 Teratak Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas Kelas V SDN 30 Teratak Tengah Kabupaten pesisir selatan yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mencatat hasil pengamatan dari kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Lembar observasi pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi RPP, lembar observasi aspek guru dan lembar observasi aspek siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I 87,49% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 96,42% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 81,25% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,5% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 81,25% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,5% kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian, model Cooperative Learning Tipe Talking Stickdapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas V SDN30 Teratak Tengah Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses pembelajaran,Pembelajaran tematik terpadu, Talking stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17788 |