Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan BK.

Gustina, Tila (2015) Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan BK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_TILA_GUSTINA_1100590_5024_2015.pdf] Text
B1_5_TILA_GUSTINA_1100590_5024_2015.pdf

Download (552kB)

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor , salah satunya adalahself efficacy atau keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri dalam bidangbelajar. Apabila siswa memiliki self efficacy yang tinggi maka siswa akan merasayakin mampu untuk menjalani aktivitas belajarnya dengan baik untuk mencapaiprestasi belajar yang diinginkan. Kenyataan masih ada siswa yang kurang yakinakan kemampuan yang dimilikinya dalam menjalani kegiatan belajar,menyelesaikan tugas-tugas, tes dan latihan/ujian yang diberikan oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hubungan self efficacy denganprestasi belajar dan implikasinya terhadap layanan BK.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitumenggambarkan self efficacy dan prestasi belajar siswa serta mengungkaphubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar siswa. Sampel dalampenelitian ini diambil dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulandata menggunakan angket tentang self efficacy sedangkan prestasi belajar diambildari ujian harian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknikpersentase. Untuk melihat hubungan self efficcacy dengan prestasi belajar siswadiolah dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment (PPM).Temuan Penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat self efficacy siswaberada pada kategori cukup tinggi,( 2) prestasi belajar siswa berada pada kategoricukup tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self efficcacy denganprestasi belajar dengan r 0.474 signifikan. Berdasarkan temuan ini disarankan:(1) Diharapkan siswa untuk lebih meningkatkan keyakinan yang dimiliki, (2)Bagi guru BK/ konselor sekolah, sebagai bahan pertimbangan dalammerencanakan, menyusun dan mengembangkan program untuk meningkatkankeyakinan yang dimilii siswa, (3) guru mata pelajaran, agar berusahamemperhatikan kondisi belajar siswa yang sangat bervariasi dan bekerja samadengan guru BK dalam upaya meningkatkan keyakinan untuk mencapai prestasibelajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SELF EFFICACY, PRESTASI BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:02
Last Modified: 28 Jul 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item
View Item