Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Pertanyaan Menggali bagi Siswa Kelas V SD 03 Guguk Malintang Padang Panjang

Afia, Bismi (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Pertanyaan Menggali bagi Siswa Kelas V SD 03 Guguk Malintang Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BISMI_AFIA_09721_2869_2012.pdf] Text
final_B1_6_BISMI_AFIA_09721_2869_2012.pdf

Download (775kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran keterampilan berbicara di kelas V SDN 03 Guguk Malintang Padang Panjang. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran berbicara kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru. Keterampilan berbicara dari siswa masih belum sesuai dengan harapan. Hal ini dapat dilihat melalui proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakanlah metode Pertanyaan Menggali dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 03 Guguk Malintang Padang Panjang, dengan tujuan untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V dengan menggunakan Pertanyaan Menggali dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1) kegiatan awal, 2) kegiatan inti terdiri dari praberbicara, saat berbicara, pasca berbicara, dan 3) kegiatan akhir. Penelitian ini meliputi : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat sebagai pengamat. Data penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, data aktifitas guru, data aktifitas siswa, dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Subjek penelitian ini ádalah siswa kelas V dan Guru SD 03 Guguk Malintang Madang Panjang tahun ajaran 2011/2012.
Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan pertanyaan menggali dalam proses pembelajaran dapat meningkat dalam dua siklus pembelajaran, mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil kemampuan berbicara siswa kelas V SD 03 Guguk Malintang Madang Panjang. Presentase hasil penilaian RPP pada siklus I 80%, siklus II 96%. Presentase hasil pelaksanaan aktifitas guru siklus I 79%, siklus II 96%, presentase aktifitas siswa siklus I 79%, siklus II 96%. Rata-rata hasil kemampuan berbicara siswa aspek kebahasaan siklus I 77,80, siklus II 86,60, sedangkan aspek non kebahasaan siklus I 78,25, siklus II 83. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Pertanyaan Menggali dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia di semester I kelas V SDN 03 Guguk Malintang Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Pertanyaan Menggali, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:33
Last Modified: 28 Jul 2025 06:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17782

Actions (login required)

View Item
View Item