Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN19 Ranah Batahan Pasaman Barat

Nerwani, Nerwani (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN19 Ranah Batahan Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NERWANI_58331_5766_2013.pdf] Text
final_B1_6_NERWANI_58331_5766_2013.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi kenyataan di Kelas IV SDN 19 Ranah Batahan bahwa hasil belajar IPS masih rendah hal ini disebabkan oleh ketidaktepatan guru menggunakan pendekatan dalam pembelajaran, keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan pendekatan kooperatif tipe Group Investigation (GI) di kelas IV SDN 19 Ranah Batahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 19 Ranah Batahan, yang berjumlah 24 anak, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I rata-rata 85,5%. Pada siklus II dengan persentase rata-rata 96%. Pelaksanaan kegiatan guru pada siklus I rata-rata 85%, siklus II rata-rata 93,5%, Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 87%, siklus II rata-rata 93,5%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I penilaian kognitif rata-rata 64,89 persentase 62%, Pada siklus II 74,89, persentase ketuntasan 76,5%. Penilaian Afektif siklus I 64,22 persentase 58%, Pada siklus II 73,11 persentase ketuntasan 79%. Penilaian psikomotor siklus I 64,89 persentase 60%, Pada siklus II 94,5. Siklus II 74,56 persentase ketuntasan 81%.. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: 1. Hasil Belajar, 2. IPS, 3.Kooperatif Tipe Group Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:32
Last Modified: 28 Jul 2025 06:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item
View Item