Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SD Swasta Fansiskus Bukittinggi

Bintoni, Bintoni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SD Swasta Fansiskus Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BINTONI_50615_2354_2012.pdf] Text
final_B1_6_BINTONI_50615_2354_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD Swasta Fransiskus Bukittinggi, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA, proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Peserta didik menjadi fasif dan tidak kreatif yang berakibat rendahnya hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil hasil belajar IPA siswa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SD Swasta Fransiskus Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan CTL di kelas V SD. Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.
Hasil penilaian RPP pada siklus I rata-rata 84,38%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 95,31%. Untuk penilaian pelaksanaan pembelajaran (Segi guru) rata-rata pada siklus I 75%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Untuk penilaian pelaksanaan pembelajaran (Segi Siswa) rata-rata pada siklus I 71,43%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 89,29. Untuk aspek kognitif nilai rata-rata siklus I 75,16, dan pada siklus II 87,41. Untuk aspek afektif, nilai rata-rata pada siklus I 76,29%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 86,25%. Untuk aspek psikomotor nilai rata-rata pada siklus I 73,33%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,60%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL di kelas V SD Swasta Fransiskus Bukittinggi tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pendidikan, Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:31
Last Modified: 28 Jul 2025 06:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item
View Item